Ini Manfaat Anak Membantu Tugas Rumah Tangga

Mungkin banyak dari orangtua yang tidak tega mengajak anaknya yang masih kecil untuk ikut membantu tugas rumah tangga. Padahal hal ini sangat bermanfaat untuk anak. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaatnya seperti dilansir dari laman website kompas.com.



Kemandirian Anak Terlatih

Melakukan tugas rumah tangga sederhana seperti merapikan lemari dan sepatu sangat bermanfaat untuk melatih kemandirian anak. Bila sudah terbiasa, anak akan terbiasa melakukan berbagai hal seorang diri tanpa butuh bantuan orangtuanya.



Motorik Kasar dan Halusnya Juga Terlatih

Saat anak menolong ibunya melakukan tugas rumah tangga seperti melipat baju, secara tidak langsung kegiatan ini akan melatih motorik halusnya. Motorik halus merupakan kekuatan jari-jemari tangannya. Sedangkan saat membantu ayahnya seperti mengelap mobil yang sudah selesai dicuci, kegiatan ini akan membantu menguatkan motorik kasarnya yang dalam hal ini adalah otot-otot lengannya.



Kosakatanya Bertambah

Sambil membantu, biasanya anak, khususnya yang masih belum sekolah yang berada dalam fase ingin tahu dan selalu mengajukan banyak pertanyaan. Di saat inilah kesempatan kita sebagai orangtua unutuk menambah kosakatanya dengan memberitahunya benda-benda yang ia tanyakan.



Melatih Konsentrasi

Melakukan pekerjaan rumah sederhana juga bermanfaat untuk melatih konsentrasi anak. Contoh sederhananya seperti saat ia membantu melipat pakaian dan ia harus fokus supaya lipatan bajunya rapi.



Melatih Kebersihan dan Kerapian

Anak-anak yang sudah terbiasa membantu mengerjakan pekerjaan rumah, sebagian besar akan terlihat lebih rapi dan selalu berusaha menjaga kebersihan. Hal ini bisa terjadi karena ia sudah terlatih mengerjakan sesuatu dengan standar lebih. Seperti ketika ia membantu menaruh sepatu di rak, hal itu akan memberinya pemahaman bahwa semua akan enak dilihat kalau rapi dan serba teratur.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk pembersih lantaiĀ praktis dan inovatif, Magiclean Wiper!
Share