Tips Meningkatkan Kualitas Udara di Rumah Jadi Lebih Baik

Kualitas udara di rumah menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan Anda dan seluruh anggota keluarga. Terlebih kalau Anda atau anggota keluarga yang sangat sensitif dengan udara kotor atau memiliki masalah pernapasan, kebersihan udara di rumah sudah pasti wajib diprioritaskan.


Bagaimana caranya? Tidak sulit kok, Anda cukup ikuti tips berikut ini!



  1. Pasang ventilasi


Ventilasi didesain untuk mengurangi kelembaban udara di dalam ruangan yang ada di rumah, seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Dengan adanya ventilasi, kelembaban udara di ruangan akan berkurang dan hal ini akan mencegah pertumbuhan jamur. Ventilasi juga membantu prosesĀ  pertukaran udara di dalam ruangan.



  1. Rutin membuka jendela


Udara luar rumah memang mungkin saja membuat rumah jadi berdebu. Tetapi, jangan salah, membuka jendela, khususnya di pagi hari, akan membantu menyegarkan udara di dalam rumah sekaligus mengurangi kelembaban udara dengan adanya cahaya yang masuk. Agar ruangan dalam rumah tidak berdebu, cukup buka jendela sekitar 10-15 menit saja di pagi hari kemudian tutup kembali.



  1. Pelihara tanaman hias hidup


Tidak sama dengan bunga plastik, tanaman hias hidup tidak hanya bisa mempercantik rumah, tapi juga bisa membantu membuat udara di dalam rumah jadi lebih segar dan bersih. Tanaman hias hidup ini bisa menjadi solusi alternatif jika rumah tidak memiliki cukupĀ  ventilasi. Cukup letakkan beberapa tanaman pembersih udara di sudut ruangan, rak dinding, atau menggantung di dekat jendela, udara yang segar pun akan bisa Anda rasakan di dalam rumah.



  1. Rutin membersihkan rumah


Walaupun sibuk, jangan sampai lupa untuk membersihkan rumah, khususnya di hari libur. Mulai dari menyapu, mengepel, menjemur bantal atau guling, sampai mencuci seprai, selimut atau kain gorden. Jangan lupa juga untuk membersihkan penyaring udara pada AC jika Anda memiliki AC setidaknya 3 bulan sekali. Terakhir, jangan lupa juga untuk rutin membersihkan baling-baling kipas angin dari debu yang menempel.


Untuk kegiatan menyapu dan mengepel, gunakanlah rangkaian produk pembersih lantai yang praktis dan inovatif, Magiclean Wiper. Terdiri dari Magiclean Wiper Stick (stik pembersih lantai), Magiclean Wiper Dry Sheet (tisu kering pembersih lantai), dan Magiclean Wiper Wet Sheet (tisu basah pembersih lantai), kegiatan menyapu dan mengepel akan terasa lebih ringan dan mudah.



  1. Pastikan ruangan di dalam rumah bebas dari sampah


Sisa makanan, tisu toilet, dan bungkus makanan yang menumpuk di tempat sampah yang ada di dalam rumah harus selalu rutin dibuang. Jangan sampai sampah-sampah tersebut tersimpan lama karena sisa sampah seperti makanan yang membusuk bisa menyebabkan bau tidak sedap dan sudah pasti mengganggu kenyamanan seluruh penghuni rumah.


Itulah beberapa tips meningkatkan kualitas udara di rumah jadi lebih baik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share