Tips Sederhana Mengurangi Penggunaan Plastik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pasti tidak sedikit dari kita yang sering memakai botol, sedotan dan kantong plastik, sekali pakai atau hanya dipakai untuk beberapa jam saja. Padahal, barang-barang yang terbuat dari plastik tersebut perlu waktu yang sangat lama untuk terurai secara alami di alam. Dilansir dari nationalgeographic.grid.id, barang sekali pakai punya peran besar pada 40% pencemaran sampah plastik. Tiap tahunnya, sekitar 8,8 juta ton plastik mengambang di lautan. Hal ini sudah pasti akan mencemari air, bahaya bagi kehidupan alam liar dan berpengaruh pada kesehatan manusia.


Perubahan kecil yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari bisa membantu mengurangi jumlah sampah plastik. Berikut adalah kebiasaan yang sebaiknya kita lakukan.


Tidak lagi memakai sedotan plastik


Sedotan plastik memang terlihat kecil, tapi bayangkan jika ratusan juta penduduk bumi tetap menggunakannya tiap hari. Untuk membantu mengurangi sampah plastik yang berasal dari sedotan plastik, kita bisa menggantinya dengan sedotan bambu atau baja. Untuk berjaga-jaga, selalu bawa sedotan ramah lingkungan tersebut setiap Anda ingin pergi ke warung makan atau restoran.


Menyiapkan botol minuman sendiri


Usahakan untuk selalu membawa botol minuman sendiri saat bepergian. Kebiasaan baik ini untuk menghindari Anda membeli minuman dalam botol atau gelas plastik sekali pakai yang tidak ramah lingkungan. Dengan begitu, sampah plastik yang berasal dari kemasan minuman plastik pun bisa berkurang.


Bawa tas belanja saat berbelanja di toko


Hampir semua toko menyediakan kantong plastik untuk membungkus barang yang dibeli oleh konsumennya. Penggunaan kantong plastik memang praktis, namun tidak beda dengan sampah plastik lainnya, kantong plastik juga butuh waktu yang sangat lama untuk terurai dengan alami di alam. Karena itulah, membawa tas belanja sendiri ketika ingin berbelanja adalah langkah yang sangat bijak untuk mengurangi sampah plastik yang berasal dari kantong plastik.


Tidak membuang sampah sembarangan


Tidak membuang sampah sembarang di mana pun, termasuk saat Anda pergi berlibur ke pantai. Pastikan tidak ada sampah plastik yang Anda buang ke laut dan jika memang tidak ada tempat sampah, bawalah pulang dan jangan sampai tertinggal di sana. Ingat, sampah plastik yang mengapung di lautan bisa membahayakan kehidupan hewan yang hidup di lautan.


Lakukan daur ulang


Memang tidak semua sampah plastik yang bisa didaur ulang. Namun, ada beberapa barang,  seperti botol minuman yang bisa Anda daur ulang. Kreasikan sampah plastik menjadi barang yang baru, seperti hiasan rumah atau barang lain yang dibutuhkan di rumah. Idenya bisa Anda temui dengan mudah di dunia maya.


Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan selalu ingat untuk urusan membersihkan lantai seluruh ruangan di dalam rumah, selalu percayakan pada Magiclean Wiper yang merupakan alat pembersih lantai yang praktis dan inovatif!

Share